Minggu, 28 Februari 2010

Pelupa??? Oh..No...

Tak hanya bagi para manula, kebiasaan lupa kini kerap menjadi keluhan kaum muda. Lupa merupakan salah satu tanda adanya penurunan fungsi otak. Kondisi ini bisa menjadi indikasi Anda sedang stres atau gangguan kesehatan lain.

Dr. Richard Restak, ahli syaraf menyatakan, dalam perjalanan lebih dari 25 tahun penelitian klinis yang dilakukan, ia telah menemukan cara efektif untuk meningkatkan kekuatan otak. Berikut 10 aktivitas yang bisa meningkatkan memori Anda.

1. Mempelajari satu kata baru sehari

Biasakan belajar mengingat kata, bahkan satu kata baru setiap hari. Jika cara ini terus dilakukan, dalam setahun Anda bisa mengingat 350 kata pertahun, atau 3000 kata per dekade. Ini sangat baik untuk melatih daya ingat. Karena pada umumnya, kosakata fungsional orang dewasa rata-rata hanya sekitar 10.000 kata.

Menurut para ilmuawan, dengan belajar kata-kata, Anda telah melibatkan otak pusat bahasa, lobus frontal dan sirkuit memori. Dan, cara ini seperti aerobik untuk otak Anda.

2. Bermain video game

Ketika digunakan secara bijak, video game dapat meningkatkan kepekaan indera, membuat Anda Anda lebih cepat tanggap, dan merespon lebih cepat.

3. Menghargai seni

Musik meningkatkan kemampuan bahasa dan verbal dan pelatihan musik instrumental meningkatkan kekuatan otak. Memainkan alat musik juga meningkatkan kecekatan jari dan mampu meningkatkan umur panjang.

4. Menjaga berat badan ideal

Sangat penting untuk menjaga berat badan ideal Anda. Pasalnya, obesitas bisa menurunkan kemampuan fungsional seseorang, seperti kecerdasan, ketajaman mental, kognitif fleksibilitas dan konsentrasi.

5. Berjalan

Berjalan satu mil setiap hari akan mengurangi risiko mengalami demensia sebesar 50 persen. Tapi, jika Anda tidak punya waktu, jalan cepat 45 menit secara rutin tiga kali seminggu akan mencegah banyak perubahan otak yang terkait dengan penuaan.

6. Menantang diri

Penelitian baru menunjukkan bahwa selalu menyajikan otak Anda dengan tantangan mental yang baru seperti teka-teki silang, atau mengingat daftar belanjaan ke dalam memori. Cara ini diyakini mampu meningkatkan kecerdasan Anda.

7. Konsumsi kenari dan blueberry dalam diet harian Anda

Kenari mengandung omega-3 asam lemak bersama dengan sejumlah bahan kimia lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan kuat untuk memblokir tindakan-tindakan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel otak. Blueberry juga bermanfaat meningkatkan sirkuit otak.

8. Terus belajar

Cari topik yang menarik dan selalu belajar dengan tujuan meningkatkan pengetahuan. Ini akan meningkatkan memori jangka panjang dan meningkatkan penyimpanan cadangan kognitif. Cara ini bisa jadi investasi Anda agar memiliki ingatan kuat meski usia telah lanjut.

9. Beristirahat.

Meluangkan waktu untuk beristirahat selama 20 menit tidur siang akan meningkatkan memori Anda. Tidur siang juga memperbaiki suasana hati, memulihkan konsentrasi dan fokus, dan meningkatkan kreativitas.

10. Bermain

Permainan menyusun balok bisa meningkatkan keterampilan jari tangan. Permainan ini telah terbukti dapat meningkatkan kelincahan baik mental dan fisik. Selain itu, bermain sulap juga bisa merangsang sebagian besar jaringan otak yang kompleks dan melatih proses gerakan visual.

sumber dari Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti

Read More..

Ketika Ku Cinta Kamu...

Ada suatu hal yang sering sekali tidak kita sadari benar keberadaannya, akan tetapi justru kehadirannyalah yang akan membuat hidup ini terus bergulir dari waktu ke waktu. Sesuatu yang hampir tenggelam dalam gelombang rutinitas hidup kita, dan tidak lagi istimewa. Itulah cinta. Cinta merupakan suatu kebutuhan yang pokok dalam hidup manusia, suatu sumber energi yang dahsyat. Tanpa adanya cinta, hidup ini akan terasa sangat hampa seperti kehilangan nyawa. Cinta itu perlu ada dan "berbicara", tidak hanya sekedar di maklumi, seberapa pun dalamnya pengertian yang ada.

Bila ada keindahan yang mewujud utuh dalam seluruh dimensi, dan menyentuh utuh sepenuh rasa di jiwa, itulah makna cinta yang sesungguhnya. Cinta dapat menyatukan dua insan yang mempunyai lingkungan, budaya, cara hidup, latar belakang, cara pandang, sifat dan sikap berbeda-beda. Cinta yang sebenarnya bukanlah suatu cinta layaknya kisah first love at first sight, akan tetapi cinta yang sesungguhnya adalah cinta yang didasari cinta kepada Allah SWT...

Mendapatkan dan menjaga cinta yang sesungguhnya tidak semudah dengan membalikkan telapak tangan. Mendapatkan cinta yang sesungguhnya ibaratkan kita akan membangun suatu rumah yang nyaman dan asri, kita terlebih dahulu akan memerlukan blue print pada saat memulainya. Pada saat proses membangun, kita selalu memantau blue print tersebut. Ketika rumah telah selesai pun, kita harus menjaganya supaya rumah tersebut tetap nyaman di huni. Begitu juga dengan mendapatkan dan menjaga cinta yang sesungguhnya, kita juga memerlukan sebuah blue print untuk dapat menentukan ke arah mana hubungan kita. Jangan sampai hanya karena ada seekor tikus merajalela dalam rumah, rumah yang telah di bangun dan di pelihara harus di hancurkan untuk membunuhnya. Don't do that !!!!
Read More..

Sabtu, 27 Februari 2010

Mbem qu sayang....

Pada suatu hari, muncuL s'buah teman yang nemenin gw setiap maLam, saat sedih, senang, dan saat apapun. Teman itu gw kasih nama "mbem". Dy muncul pada tgL 5 mei 2009. Mbem seLaLu menemaniku setiap saat.....
Thanks y "mbem , engkau seLaLu memenemaniku daLam kegeLapan maLam dan kesunyian yang aku hadapi....
Aku tidak akan p'nah meLepaskanmu dan akan menjagamu smampuku.....
Ini adalah mbem yang aku maksud..
Read More..

Jumat, 26 Februari 2010

Interaksi Manusia & Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer ( Human Computer Interaction / HCI ).

IMK terdiri dari unsur Manusia ( user ), Komputer, dan Interaksi. User / manusia yaitu sekumpulan user dalam suatu organisasi yang masing-masing menghadapi sebagian dari tugas maupun proses dan berusaha untuk mnyelesaikan tugas tersebut dengan menggunakan teknologi. Komputer adlah suatu teknologi dari dekstop, sistem pengontrolan proses atau sistem embedded yang nantinya akan di gunakan oleh user. Sedangkan Interaksi adalah komunikasi antara user dan komputer baik secara langsung ( direct ) maupun tidak langsung ( indirect ). Jadi dapat di tarik kesimpulan bahwa IMK adalah suatu kegiatan untuk melaksanakan tugas yang di inginkan oleh user dan komputer dapat membantu untuk menyelesaikan tugas tersebut.


Sejarah H C I

Kemajuan yang sangat pesat dari komputer telah meningkatkan kemampuan mesin komputer dan telah memperbesar bandwith komunikasi dengan manusia. Namun kemajuan teknologi tersebut ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya yaitu
1. Penilaian masing-masing orang dari setiap peristiwa yang terjadi.
2. Terjadinya pergeseran paradigma yang memahami darimana anda datang yang dapat membantu banyak untuk mengetahui kemana anda pergi.
3. Pengetahuan mengenai suatu daerah terhadap sejarah yang menyiratkan penghargaan daerah tersebut.

Paradigma yang terjadi sebagian besar berupa kerangka teoritis dominan atau pandangan dunia ilmiah misalnya yang di kemukakan para ahli seperti Aristoteles, Newton, Einstein (relativitas) paradigma dalam ilmu fisika. Memahami sejarah HCI sebagian besar adalah tentang memahami serangkaian pergeseran mengenai paradigma. Tidak semua peristiwa yang akan datang akan berupa "paradigma" pergeseran, tetapi anda dapat menilai itu berupa sebuah ide.
Beberapa contoh pergeseran paradigma yang terjadi antara lain :
 Cards, tape VDU ( Video Display Units )
 Mainframe PC
 Glass tty WIMP( Windows, Icon, Menus, and Pointer ) interface
 Perintah Direct Manipulation
 Perintah LAagsung Agents
 Visual Multimedia
 Linear Web like
 Desktop Ubiquitous, Mobile
 Pemakai tunggal CSCW ( Computer – Supported Cooperative Work )
 Purposeful use Situated use

Pada tahun 1700-an dan 1800-an orang mulai berpikir tentang computer digital. Akan tetapi, teknologi yang lebih maju dan perangkat keras berkembang pesat baru tersedia pada tahun 1940-an dan 1950-an. Ada beberapa ahli berpendapat tentang perkembangan tersebut seperti Vannevar Bush dan J.R. Licklider.
Menurut Vannevar Bush pada tahun 1945 Atlantic Monthly menyatakan ”seperti yang mungkin kita pikirkan bahwa publikasi telah diperpanjang jauh melampaui kemampuan kita sekarang untuk membuat suatu yang nyata menggunakan catatan”. Selain itu Bush juga menyatakan pendapatnya dengan dalil Perangkat Memex, yang menyebutkan bahwa suatu perangkat :
Dapat menyimpan semua catatan / articles / komunikasi
Memerlukan memory yang besar
Produk diambil oleh pengindeksan, kata kunci, referensi silang
Dapat membuat jejak link melalui materi, dll
Dibayangkan sebagai mikrofilm, bukan computer

Pada tahun 1960 J.R. Licklider mengumumkan tentang hubungan simbiosis antara manusia dengan komputer. Licklider juga mengungkapkan bahwa pasangan otak manusia dan mesin komputasi berhubungan erat dengan informasi yang merevolusi penanganan komputer.

Tujuan atau visi terbagi menjadi tiga :
Immed, yang termasuk ke dalam tujuan immed seperti waktu berbagi, alat elektronik I / O, interaktif sistem waktu nyata, penyimpanan dan pengambilan informasi berskala besar.
Intermed, merupakan gabungan ucapan, pengakuan, pengakuan karakter, pemeriksaan pulpen ringan.
Long Term ( jangka panjang ), seperti pemahaman bahasa yang masih alami/asli, pemakaian bahasa yang sewenang-wenang oleh pengguna, serta suatu pemrogaman yang bersifat heuristic.

Pada pertengahan tahun 1960-an, komputer terlalu mahal bagi setiap individu untuk pembagian waktu, meningkatkan aksesbilitas, sistem yang interaktif, bukan pekerjaan yang mudah untuk mengolah teks, mengedit email dan bertukar sistem file. Semua hal itu membutuhkan HCI ( Human Computer and Interaction ).Sekitar akhir tahun 1962 hingga 1963, Ivan Sutherland menciptakan sebuah software yang bernama SketchPad. Software ini memungkinkan user untuk memvisualisasikan gambar serta subpictures seperti OOP, melakukan abstraksi data dengan memanipulasi representasi yang berbeda seperti menyelesaikan kendala, membuat ikon, menyalin, recursive operasi, serta light pen sebagai alat input.

Sebagai paradigma baru, muncullah VDU ( Video Display Unit ) pada tahun 1950-an. VDU merupakan suatu tampilan pada layar yang tampilannya lebih baik daaripada tampilan pada cetakan kertas, sutherland’ sketchpad sebagai sistem ciri khas dari VDU, serta Komputer digunakan untuk memvisualisasikan dan memanipulasi data.
Sekitar awal tahun 1950-an, Douglas Engelbart berpendapat bahwa ciri khas dari suatu sistem menunjukan hierarkis hypertext, multimedia, mouse, tampilan resolusi tinggi, windows, pertukaran file, pesan elektronik, CSCW, dan telekonferensi. Douglas Engelbart adalah seorang penemu mouse yang kita gunakan pada saat menggunakan komputer.

Alan Kay merupakan tokoh yang mengemukakan tentang personal computing. Dia menyebut notebook sebagai Dynabook karena ukuran yang besar serta dapat menyimpan segala multimedia. Personal computing merupakan paradigma baru karena mempunyai beberapa kelebihan seperti :
Sistem yang lebih tangguh sehingga akan lebih mudah untuk di gunakan oleh user.
Mesin yang berukuran kecil yang tangguh yang di rancang untuk individu atau user tunggal.
Mementingkan jaringan sehingga dapat terjadi pertukaran file.
Di beri nama Dynabook, IBM PC.
Pada tahun 1970-an, IBM membuat Personal Computing dengan perintah berbasis teks serta banyak sekali unit yang telah terjual.

Pada pertengahan tahun 1970-an, Xerox PARC merupakan workstation yang menciptakan peralatan komputer yang memiliki teknik interaksi agak berbeda dengan peralatan kopmuter yang telah ada sebelumnya. Peralatan ini mengaitkan beberapa tugas manajemen kantor sehingga membuat pekerjaan tersebut sangat mudah. Workstation alto merubah processor lokal, tampilan bitmap, mouse menjadi peralatan yang lebih canggih seperti precursor GUI yang modern, windows, menu, scroolbars, dan Lan ethernet.

Pada tahun 1981-an, muncul Xerox Star yang merupakan PC komersial pertama yang dirancang untuk "bisnis profesional" metafora desktop, menunjuk, WYSIWYG ( What You See is What You Get ), konsistensi yang tinggi dan kesederhanaan. Selain itu, Xerox Starjuga sistem pertama yang di dasarkan pada kegunaan rekayasa kertas prototyping dan analisis tentang kegunaan pengujian dan perbaikan iterative. Akan tetapi, Star mengalami kegagalan produk sehingga rugi biaya mencapai $15k, arsitektur tertutup, serta kekurangan fungsi kunci (lembar kerja).

Pada tahun 19882, muncullah Apple Lisa yang merupakan revolusi dari tipe sebelumnya. Ide pembuatan apple lisa muncul dari gagalnya produk star supaya bisa lebih baik sistem yang saat ini. Apple lisa ini lebih mempunyai akses pribadi dibandingkan dengan menggunakan alat kantor. Masih $$$ sehingga jarang terjadi kegagalan.

Di tahun 1984, muncul Apple Macintosh. Apple Macintosh merupakan peralatan yang lebih bagus dibandingkan dengan apple lisa. Di Apple Macintosh ini banyak kelebihan di banding apple lisa, seperti
Harga yang masih agresiv mencapai $2500.
Tidak mudah error, lebih cepat dalam proses meng-kopian data.
Tampilan yang baik di setiap panduan.
Aplikasi pihak ke-3.
Tampilan grafis yang berkualitas tinggi dan laser printer.


WIMP merupakan salah satu mekanisme yang digunakan untuk memisahkan secara fisik presentasi threads logic. WIMP singkatan dari Windows, Icons, Menus, and Pointers. WIMP dapat melakukan suatu kegiatan secara langsung sehingga mempermudah user, sudah dikenal diantara GUI interface. WIMP digunakan pada Xerox Alto, Star, dan awal mula Apples.
Metaphor adalah pemecahan masalah atau belajar batas tertentu untuk menghubungkan komputer dengan aktivitas pada dunia nyata yang merupakan mekanisme pembelajaran efektif seperti manajemen file pada desktop kantor dan analisa keuangan sebagai spreadsheet.
Ben Shneiderman adalah tokoh yang menempati posisi Direktur HCI Lab di Maryland dalam wasktu yang lama. Ben mengemukakan bahwa koin-koin akan mengeksplorasi pengertian tentang antarmuka manipulasi langsung. Selain itu, pada tahun 1982, Ben menggambarkan suatu daya tarik berbasis interaksi grafis objek visibilitas, aksi incremental dan umpan balik yang cepat, kemampuan untuk mengeluarkan eksplorasi, merubah bahasa dengan suatu tindakan, serta ketepatan semua sintaksis tindakan-tindakan. Ben menggunakan WYSIWYG, Apple Mac untuk penelitiannya.
Multimodality adalah sebuah mode saluran komunikasi manusia yang bukan hanya menggunakan indra pada manusia seperti berbicara di depan umum dan tidak berbicara di depan umum merupakan dua buah metode penekanan pada sebuah penggunaan simultan beberapa saluran untuk I / O.
Ted Nelson adalah tokoh yang mengungkapkan bahwa komputer tidak hanya untuk bisnis, akan tetapi komputer juga dapat membantu orang. Ia juga menciptakan istilah Hypertext. Hypertext merupakan sebuah pemikiran tentang informasi bukan sebagai aliran linear akan tetapi hypertext merupakan suatu node yang saling koneksi atau berhubungan. Vannevar Bush membangun inovasi dalam penyimpanan informasi. Mekanisme pengambilannya disebut memex, sehingga muncul istilah Bush’s MEMEX. Kemudian Ted Nelson memberikan istilah hypertext bagi metode penyimpanan informasi yang dibuat oleh Bush sehingga muncul istilah Nelson’s hypertext. Ciri dari hypertext ini yaitu struktur browsing non-linear, contohnya yaitu WWW ’93.

Nicholas Negroponte adalah tokoh arsitektur mesin MIT dan AI Group pada tahun 69 sampai awal tahun 80. Ide-ide yang dikeluarkan oleh Nicholas yaitu dinding ukuran tampilan, video disk, AI pada antarmuka (agen), pengenalan bahasa, serta multimedia dengan hypertext.

Paradigma baru yang lain yaitu mengenai bahasa ( agen ). Di dalam bahasa, tindakan tidak selalu berbicara lebih keras daripada kata-kata, interface bertindak sebagai mediator atau agen. Bahasa merupakan suatu paradigma.
CSCW ( Computer-Supported Cooperative Work ) merupakan kolaborasi antara individu melalui computer yang di bangun untuk memungkinkan interaksi antara user melalui komputer. Pada CSCW ini, tidak ada lagi satu user / sistem tunggal sehingga micro-aspek sosial sangat penting. Salah satu contoh CSCW yaitu email. Email sebagai kesuksesan menonjol tapi groupware lain masih belum banyak digunakan sehingga terdapat kekurangan.
Mark Weiser adalah tokoh yang memperkenalkan gagasan tentang "teknologi tenang". Di setiap tempat selalu diperbincangkan mengenai gagasan itu, akan tetapi lambat laun surut dikarenakan latar belakang yang tidak bagus. Contoh dari gagasan yang digunakan Mark yaitu CTO dari Xerox PARC.

Paradigma baru yang lain yaitu Ubiquity, merupakan suatu sistem yang virtual. Akan tetapi, seseorang tidak lagi sebagai pengguna perangkat virtual melainkan sebagai penghuni virtual yang kaya akan lingkungan komputasional. Selain itu, ubiquity tidak bisa lagi mengabaikan segi macro-social. Ubiquity digunakan pada akhir tahun 90-an, contohnya PDAs dan Ves.
Read More..

Kamis, 25 Februari 2010

Hati - hati Terhadap Keamanan Komputer Kita....

banyak bgt haL yag bisa merusak komputer kita, ada beberapa ancaman yang bisa merusak sistem komputer kita, contonhya :
Pharming
Parasitic Viruses
Phising
Potentially Unwanted Applications
Rootkit
Spam
Spoofing
Spyware
Trojan Horse
Viruses
Viruses Hoaxes
Voice Phising
Zombies
Adware
Backdoor Trojan
Bluejacking
Bluesnarfing
Boot Sector Viruses
Browser Hijackers
Chain Letters
Cookies
Denial of Service Attack
Dialers
Document Viruses
Email Viruses
Internet Worms
Mobile Phone Viruses
Obfuscated Spam
Page-Jacking
Palmtop Viruses

Email Virus
Tipe virus yang disisipkan di attachment email.
Jika attachment dibuka maka akan menginfeksi komputer.
Program virus tersebut akan mendata daftar alamat akun email pengguna.
Secara otomatis virus akan mencopy dirinya dan mengirim email ke daftar akun email.
Umumnya akan mengirim mass email, memenuhi trafik jaringan, membuat komputer menjadi lambat dan membuat down server email.

Internet Worms
Worm adalah sejenis program yang bisa mengcopy dan mengirim dirinya via jalur komunikasi jaringan Internet.
Umumnya menyerang melalu celah/lubang keamanan OS komputer.
Worm mampu mengirim paket data secara terus menerus ke situs tertentu via jalur koneksi LAN/Internet.
Efeknya membuat trafik jaringan penuh, memperlambat koneksi dan membuat lambat/hang komputer pengguna.
Worm bisa menyebar melalui email atau file dokumen tertentu.


Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan terhadap komputer kita, ada beberapa tips yang bisa di coba :
Gunakan Software Anti Virus
Blok file yang sering mengandung virus
Blok file yang menggunakan lebih dari 1 file extension
Gunakan firewall untuk koneksi ke Internet
Autoupdate dengan software patch
Backup data secara reguler
Hindari booting dari floopy disk USB disk
Terapkan kebijakan Sistem Keamanan Komputer Pengguna

Inngaatttt... Kejahatan bukan hanya karna ada niat pelakunya, tapi juga ada kesempatan....
WASPADALAH...WASPADALAH...

sumber dari Fathur Rahman, M.Kom
Read More..

Enkripsi vs Dekripsi...

Enkrisi adalah ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan agar tidak mudah untuk dibaca, kecuali oleh seseoang yang memiliki keahlian khusus. Algoritma kriptografi klasik merupakan algoritma penyandian yang sudah ada sebelum zaman digital, dan yang termasuk dalam sistem kriptografi simetri adalah algoritma yang memiliki kunci yang sama dalam melakukan enkripsi dan dekripsi.

Enkripsi adalah proses menyandikan plainteks menjadi cipherteks.Sedangkan proses mengembalikan cipherteks menjadi plainteks semula disebut denganDekripsi.

Ada metode yang berkaitan dengan hal tersebut yaitu metodecaesar cipher.Ini adalah algoritma kriptografi yang mula-mula digunakan oleh kaisar Romawi, Julius Caesar untuk menyandikan pesan yang ia kirim kepada para gubernurnya.Caesar cipher sering juga disebut dengan shift cipher, karena dasar dari algoritma ini adalah dengan menggeser beberapa karakter dari plaintext.
Caranya adalah dengan mengganti (menyulih atau mensubstitusi) setiap karakter dengan karakter lain dalam susunan abjad (alfabet).Misalnya, tiap huruf disubstitusi dengan huruf ketiga berikutnya dari susunan akjad. Dalam hal ini kuncinya adalah jumlah pergeseran huruf (yaitu k = 3).
Tabel substitusi:
plain text : A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
cipher text : D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z A B C
Contoh Pesan :
AWASI ASTERIX DAN TEMANNYA OBELIX
disamarkan (enskripsi) menjadi
DZDVL DVWHULA GDQ WHPDQQBA REHOLA

Penerima pesan men-dekripsi chiperteks dengan menggunakan tabel substitusi, sehingga chiperteks
DZDVL DVWHULA GDQ WHPDQQBA REHOLA
dapat dikembalikan menjadi plainteks semula:
AWASI ASTERIX DAN TEMANNYA OBELIX


sumber : google.com Read More..

GrafiKOm itu apa y?????

Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan mesin jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer...
Di dalam grafikom terdapat pixel yang merupakan singkatan dari picture element, kadang-kadang juga disebut pel. Pixel merupakan satu titik dalam satu grid berbentuk persegi atau juga beribu titik secara individual “dilukis” menjadi suatu bentuk image yang dihasilkan pada layar komputer atau pada kertas oleh sebuah Printer..

sumber : Ibnu Sani Wijaya, S.Kom Read More..

Selasa, 23 Februari 2010

huft
bikin agy yg bbaru..
yang lama g bisa masuk akun Read More..

Followers

nich cari sendiri....