Kamis, 11 Maret 2010

Kura-Kura Mati

Lebih dari 200 ekor kura-kura jenis belawa mati secara misterius dalam dua bulan terakhir di Taman Cikuya, Cirebon, Jawa Barat. Hingga Rabu (10/3), kura-kura yang tersisa tinggal sekitar tiga puluh ekor. Menurut pengelola Taman Cikuya, hasil pemeriksaan sementara dokter hewan dari Dinas Peternakan Cirebon menunjukkan, binatang amfibi itu mati akibat serangan bakteri dan jamur Saprolegnia serta Aspergilus.

Berdasarkan hasil pendataan, kura-kura yang mati terdiri dari berukuran kecil hingga besar. Bahkan dari ratusan kura-kura, ada lima yang diperkirakan berumur lebih dari 100 tahun. Sejauh ini, upaya yang dilakukan agar kura-kura langka ini bisa bertahan hidup adalah dengan melakukan karantina terhadap satwa yang masih hidup. Selain itu, petugas juga melakukan sterilisasi kolam dan penangkaran telur.

Sementara itu, warga Desa Belawa sangat mengharapkan adanya upaya penyelamatan oleh pemerintah daerah. Dengan demikian, kura-kura khas Belawa ini tidak punah. Warga juga berharap agar Taman Cikuya dapat dikembangkan menjadi obyek wisata menarik karena memang sangat membantu pendapatan desa.
sumber dari Liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

nich cari sendiri....