Senin, 19 April 2010

Demam Berdarah ( DBD )


Penyakit DBD merupakan salah satu penyakit yang mengerikan. Penyakit ini tidak mengenal umur, mulai dari balita, anak2, remaja, bahkan dewasa pun bisa terkena penyakit ini. Demam berdarah (DB) atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang ditemukan di daerah tropis, dengan penyebaran geografis yang mirip dengan malaria. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus dari genus flavivirus famili Flaviviridae. Setiap serotipe cukup berbeda sehingga tidak ada proteksi-silang dan wabah yang disebabkan beberapa serotipe (hiperendemisitas) dapat terjadi. Demam berdarah disebarkan kepada manusia oleh nyamuk Aedes aegypti.

Ada beberapa gejala penyakit demam berdarah:

  1. Bintik Merah
    Seringkali di awal demam, tidak ada bintik merah. Ada beberapa kasus juga yang memang tanpa bintik merah.
  2. Panas Tinggi
    Panas bisa turun naik, bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.
  3. Menggigil dan terasa ngilu tulang
    Perasaan dingin di sekujur tubuh dan ada titik tertentu di tubuh terasa ngilu menusuk tulang.
  4. Buang Air Besar berwarna hitam dan keras
    Gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah
  5. Trombosit mulai turun
    Kadar trombosit bisa diketahui dengan tes darah di laboratorium.
  6. Sakit saat mata memandang ke samping
    Beberapa teman mengalami ini, terasa sakit jika melirik ke samping kiri dan kanan.
  7. Tengkuk sakit
    Terkadang juga, terjadi pembengkakan di tengkuk dan terasa sakit.

Tidak ada vaksin yang tersedia secara komersial untuk penyakit demam berdarah. Pencegahan utama demam berdarah terletak pada menghapuskan atau mengurangi vektor nyamuk demam berdarah. Insiatif untuk menghapus kolam-kolam air yang tidak berguna (misalnya di pot bunga) telah terbukti berguna untuk mengontrol penyakit yang disebabkan nyamuk, menguras bak mandi setiap seminggu sekali, dan membuang hal - hal yang dapat mengakibatkan sarang nyamuk demam berdarah Aedes Aegypti.

Ada cara yang bisa ditempuh tanpa harus diopname ataupun dirawat di rumah sakit, tapi butuh kemauan yang kuat untuk melakukannya. Cara itu adalah sbb:

  1. Minumlah air putih min. 20 gelas berukuran sedang setiap hari (lebih banyak lebih baik)
  2. Cobalah menurunkan panas dengan minum obat penurun panas (paracetamol misalnya)
  3. Beberapa teman dan dokter menyarankan untuk minum minuman ion tambahan seperti pocari sweat
  4. Minuman lain yang disarankan: Jus jambu merah untuk meningkatkan trombosit (ada juga yang menyarankan: daun angkak, daun jambu, dsb)
  5. Makanlah makanan yang bergizi dan usahakan makan dalam kuantitas yang banyak (meskipun biasanya minat makan akan menurun drastis).

Sebenarnya, semua usaha di atas bertujuan untuk menambah daya tahan tubuh terhadap serangan demam berdarah, karena pada dasarnya demam berdarah tidak perlu obat tertentu (dan memang tidak ada obat untuk itu). Ketahanan tubuh dapat dilihat dari jumlah leukosit dalam darah. Ketika leukosit mulai meningkat (membaik), maka biasanya trombosit yang kemudian akan bertambah.

So, bagi kalian yang belum terkena dbd, bersihkanlah lingkungan anda supaya tidak terkena penyakit ini, karena penyakit ini bisa berakibat sangat fatal.
Perhatikanlah obat yang diberikan jika anda berada di rumah sakit.

Read More..

Senin, 12 April 2010

Bahasa Lingo

Hai, udah lama gak nge-post tugas kuliah.Hehehehe.
Tugas kuliah kali ini yaitu ingin membahas bahasa lingo ( beda loh dengan bingo ). Hehehe.
Lingo itu bahasa pemrogaman yang digunakan pada macromedia director yang berguna untuk membuat suatu tampilan yang sifatnya inteaktif.

Dengan menggunakan lingo, kita bisa mengontrol dan mengatur movie supaya memberikan respon dari suatu kondisi dan kejadian tertentu. Lingo dapat membuat tombol navigasi untuk berpindah antar halaman presentasi atau movie dengan mudah, menggerakkan objek, mengontrol volume suara, dan sebagainya. Saat ini Director dan Lingo mulai banyak digunakan untuk keperluan multimedia interaktif contohnya seperti membuat CD Pembelajaran, Tutorial, game, presentasi produk, dan masih banyak lagi.

Dalam lingo, terdapat script-script yang membuat saya sedikit pusing. Hehehe. Script Lingo terbagi menjadi 4 tipe, yaitu behavior script, parent script, movie script, dan yang terakhir adalah cast member script. Behavior, movie, dan parent script akan tampil sebagai cast member yang ada di dalam Cast window.

Behavior script adalah script yang ditulis untuk mengontrol properties dan gerakan sprite. Tipe script ini memudahkan pemrograman yang berorientasi pada objek atau lebih dikenal dengan istilah OOP (Object-oriented programming).

Parent script adalah script yang digunakan untuk membuat atau melahirkan sebuah objek ke dalam Global Uariabel dengan perintah new. Objek-objek ini nantinya dapat mengontrol sprite dan media kontrol lainnya tanpa dihubungkan langsung dengan sprite menggunakan script atau bahkan dapat digunakan untuk mengontrol data atau objek yang tidak terlihat. Untuk Behavior, Movie, dan Parent script, cast member script akan berdiri sendiri.

Movie script adalah script yang tidak ditulis untuk sprite melainkan untuk mengontrol movie. Tipe script ini dapat digunakan untuk mengontrol berbagai aspek pads movie, khususnya ketika mulai dan akhir dari sebuah movie. Tipe script ini juga
dapat disesuaikan dengan script lain untuk penggunaan handle pada instance.

Cast member script adalah script yang ditulis secara langsung pada cast member di dalam Cast window tanpa membuat cast member baru seperti tipe script lainnya. Ketika cast member ditempatkan pada stage dan berubah menjadi sprite, scat itu pula script yang ada pada cast member diaktilkan. Cast member yang diberi script akan menampilkan ikon script di pojok kiri bawah thumbnail cast member.

Script lingo itu ada banyak sekali, ada yang brguna untuk melakukan looping, menuju ke frame yang telah ditentukan, menghentikan sejenak playback head, melanjutkan pemutaran movie yang dihentikan sejenak, berpindah antara frame label, dan masih banyak lagi script-script yang lainnya.

Sekian postingan dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf karena saya juga tidak begitu memahami bahasa lingo ini. Untuk lebih jelasnya kalian bisa mancari pada situs-situs yang telah tersedia.

Sumber dari : Content Packaging –Director Lingo Basic http://muhammadadri.net
Read More..

Sabtu, 10 April 2010

Cara Membuka File PDF yang Diproteksi

Beberapa waktu lalu saya sering mendapatkan sebuah file PDF yang diproteksi (file tidak bisa di print atau di copy-paste) dengan menggunakan Adobe (Acrobat) Reader. Setelah saya cari sana-sini ternyata ada cara untuk membuka proteksi tersebut.
Cara membuka proteksi file PDF yang
isinya tidak bisa di-copy-paste:
Hmm..untuk membuka proteksi file pdf itu harus membutuhkan software yang memadai. Software tersebut adalah GSView dari Ghostgum. GSView adalah free software yang bisa didownload melalui http://pages.cs.wisc.edu/~ghost/gsview/






Caranya, buka file PDF dengan GSView, lalu pilih menu File-Convert dan pilih Device "pdfwrite" utk menghasilkan file PDF baru yang tidak proteksi. File PDF yang dihasilkan akan bisa diprint maupun dicopy-paste.












Selain itu, ada beberapa cara lain yang anda bisa coba, anda bisa dibaca di http://webisee.com/2008/08/03/unlock-protected-pdf-select-edit-print-bes

NB :
Untuk bisa menjalankan program GSView anda juga perlu menginstal program Ghostscript (juga free software) yang bisa didownload melalui http://pages.cs.wisc.edu/~ghost/doc/GPL/index.htmSaat ini program GSview yang saya pakai adalah versi 4.9 dengan Ghostscript versi 8.61.

Selamat Mencoba dan Menikmati File PDF anda....
Read More..

Jumat, 09 April 2010

Hacker

Pada saat ini, para Hacker di Indonesia sudah sangat hebat. Para Hacker di Indonesia kini mulai berkibar di dunia internet.

Sejarah tentang Hack, Hacker, dan Hacking

Sebelum terbentuknya komunikasi yang tercipta di Internet, pada tahun 1960-an beberapa mahasiswa ilmu komputer di Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang gemar untuk melakukan engineering dan re-engineering terhadap perangkat keras dan perangkat lunak sering melakukan diskusi-diskusi terbuka yang sering membahas masalah :

Ide-ide mengenai pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak

Ide-ide mengenai transformasi terhadap teknologi dan informasi

Pengistilahan dan perkataan “Hack” sebenarnya adalah merupakan selang yang pada saat itu belum memiliki arti yang spesifik dan sebenarnya. Kebiasaan-kebiasaan mengucapkan “I Hack This Stuff” seakan-akan memberikan arti bahwa istilah Hack merupakan kegiatan yang sedang dan memperoleh hasil setelah melakukan pengembangan terhadap segala sesuatu yang dilakukan. Pengembangan-pengembangan yang secara khusus diberikan kepada minicomputer dan microcomputer tersebutlah istilah “Computer Hacker”.

Dengan kata lain, Computer Hacker adalah seseorang yang mengaplikasikan kemampuan dalam cakupannya mengenai komputer software, komputer hardware, komputer arsitektur, komputer desain, serta administrasi yang terkandung didalamnya. Seorang Hacker dituntut memiliki kemampuan dalam hal pemrograman untuk tingkatan software, dan keahlian dibidang hardware. Tuntutan yang sedemikian luasnya untuk keamanan disisi sistem aplikasi dan jaringan, memberikan motivasi bagi seorang Hacker untuk mengembangkan keahlian tersebut sehingga hasil dari penelitian yang dilakukan akan memberikan dampak yang positif bagi kelangsungan IT itu sendiri.

Dengan melihat sekelumit penjelasan diatas, kita dapat memberikan kesimpulan bahwa Hacking bukanlah sebatas pada kegiatan illegal yang identik dengan pengrusakan sebuah sistem dan aplikasi, atau sebatas kegiatan-kegiatan tentang pencurian sebuah data-data penting, melainkan kepada tindakan untuk melakukan perubahan yang mendasar atau perbaikan-perbaikan terhadap sistem dan aplikasi, baik yang berupa software ataupun hardware.

Hacker sejati biasanya tidak menunjukkan identitas bahwa dia adalah hacker. Selain itu, hacker sejati juga tidak menggunakan kemampuannya untuk berbuat kejahatan atau cyber crime. Majulah para hacker Indonesia..

Read More..

Minggu, 04 April 2010

Gempa

Pada hari ini telah terjadi gempa di Los Angeles. Sebuah gempa berkekuatan 6,9 skala Richter mengguncang negara bagian California, Amerika Serikat. Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat, gempa berkekuatan 6,9 skala Richter ini terjadi di kedalaman 32,3 kilometer.

The Associated Press melaporkan, gempa pada pukul 15.40, Minggu 4 April 2010, waktu setempat atau pukul 05.40, Senin 5 April, Waktu Indonesia Barat, ini terasa kuat di pusat kota Los Angeles dan San Diego. Getarannya terasa di kawasan selatan California dan Arizona.

Pusat gempa terletak di 32,093 lintang utara dan 115,249 bujur barat. Gempa ini berjarak 26 km di sebelah barat daya Guadalupe Victoria, Baja California.

Di Los Angeles, Dinas Pemadam Kebakaran mengeluarkan status gempa. Belum ada laporan korban atau kerusakan akibat gempa ini.

Seorang polisi di Yuma, Arizona, mengatakan gempa terasa sangat kuat, namun tak ada laporan kerusakan. Polisi juga mendapat beberapa laporan, terutama terkait alarm perusahaan-perusahaan yang berdering.

Sumber dari Arfi Bambani Amri

Read More..

Kamis, 01 April 2010

Beasiswa

Pada saat ini, pemerintah Australia menawarkan beasiswa S2 dan S3 bagi 300 mahasiswa Indonesia pada 2010 melalui Australian Development Scholarships (ADS). Pendaftaran mulai 7 Juni dan ditutup 27 Agustus. Koordinator ADS Ninuk Kristiani di Makassar, Rabu 31 Maret 2010, mengatakan beasiswa terbuka untuk sektor pemerintahan dan swasta. Pembagian beasiswa meliputi 200 untuk PNS dan 100 untuk umum.

Bidang studi yang ditawarkan, meliputi peningkatan kemampuan SDM Indonesia, pembangunan yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan dan manajemen ekonomi, investasi untuk pembangunan manusia, demokrasi, keadilan dan pemerintahan yang baik, serta perdamaian. Formulir pendaftaran beasiswa ADS bisa diperoleh di berbagai institusi seperti Pusdiklat tiap departemen, rektorat universitas negeri dan swasta, serta dapat di download di www.adsindonesia.or.id.

ADS merupakan program beasiswa yang dibiayai Pemerintah Australia melalui AusAID. Tujuan beasiswa ini untuk meningkatkan kerjasama antara Australia dan Indonesia.

So, buat kalian-kalian yang ingin melanjutkan study ke negara lain, buruan daftarin diri kalian.

sumber dari Siswanto

Read More..

Followers

nich cari sendiri....

Template by:
Free Blog Templates