Senin, 12 April 2010

Bahasa Lingo

Hai, udah lama gak nge-post tugas kuliah.Hehehehe.
Tugas kuliah kali ini yaitu ingin membahas bahasa lingo ( beda loh dengan bingo ). Hehehe.
Lingo itu bahasa pemrogaman yang digunakan pada macromedia director yang berguna untuk membuat suatu tampilan yang sifatnya inteaktif.

Dengan menggunakan lingo, kita bisa mengontrol dan mengatur movie supaya memberikan respon dari suatu kondisi dan kejadian tertentu. Lingo dapat membuat tombol navigasi untuk berpindah antar halaman presentasi atau movie dengan mudah, menggerakkan objek, mengontrol volume suara, dan sebagainya. Saat ini Director dan Lingo mulai banyak digunakan untuk keperluan multimedia interaktif contohnya seperti membuat CD Pembelajaran, Tutorial, game, presentasi produk, dan masih banyak lagi.

Dalam lingo, terdapat script-script yang membuat saya sedikit pusing. Hehehe. Script Lingo terbagi menjadi 4 tipe, yaitu behavior script, parent script, movie script, dan yang terakhir adalah cast member script. Behavior, movie, dan parent script akan tampil sebagai cast member yang ada di dalam Cast window.

Behavior script adalah script yang ditulis untuk mengontrol properties dan gerakan sprite. Tipe script ini memudahkan pemrograman yang berorientasi pada objek atau lebih dikenal dengan istilah OOP (Object-oriented programming).

Parent script adalah script yang digunakan untuk membuat atau melahirkan sebuah objek ke dalam Global Uariabel dengan perintah new. Objek-objek ini nantinya dapat mengontrol sprite dan media kontrol lainnya tanpa dihubungkan langsung dengan sprite menggunakan script atau bahkan dapat digunakan untuk mengontrol data atau objek yang tidak terlihat. Untuk Behavior, Movie, dan Parent script, cast member script akan berdiri sendiri.

Movie script adalah script yang tidak ditulis untuk sprite melainkan untuk mengontrol movie. Tipe script ini dapat digunakan untuk mengontrol berbagai aspek pads movie, khususnya ketika mulai dan akhir dari sebuah movie. Tipe script ini juga
dapat disesuaikan dengan script lain untuk penggunaan handle pada instance.

Cast member script adalah script yang ditulis secara langsung pada cast member di dalam Cast window tanpa membuat cast member baru seperti tipe script lainnya. Ketika cast member ditempatkan pada stage dan berubah menjadi sprite, scat itu pula script yang ada pada cast member diaktilkan. Cast member yang diberi script akan menampilkan ikon script di pojok kiri bawah thumbnail cast member.

Script lingo itu ada banyak sekali, ada yang brguna untuk melakukan looping, menuju ke frame yang telah ditentukan, menghentikan sejenak playback head, melanjutkan pemutaran movie yang dihentikan sejenak, berpindah antara frame label, dan masih banyak lagi script-script yang lainnya.

Sekian postingan dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf karena saya juga tidak begitu memahami bahasa lingo ini. Untuk lebih jelasnya kalian bisa mancari pada situs-situs yang telah tersedia.

Sumber dari : Content Packaging –Director Lingo Basic http://muhammadadri.net

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

nich cari sendiri....

Template by:
Free Blog Templates