Kamis, 23 September 2010

Peluang Toko Online

Helloo..gak terasa y sudah masuk kuliah lagi dan banyak tugas lagi. Jadwal kuliah juga makin padet, semoga saja bisa lewatin dengan baik dan harus ngelewatinnya dengan baik. Hmm...kali ini ada tugas tentang peluang bisnis TIK di Indonesia. Banyak banget sich bisnis yang behubungan dengan TIK, secara gitu sekarang udah modern dan banyak yang melakukan kegiatan dengan komputer. Saat ini perkembangan TIK sudah sangat pesat dan telah memberikan banyak kemudahan bagi kita semua, akibatnya kecepatan kinerja bisnis meningkat dengan sangat cepat dan kecepatan proses meningkat sangat tajam.

Salah satu aktifitas yang dapat dijadikan suatu bisnis TIK adalah E-commerce. E-commerce adalah aktifitas perdagangan yang di lakukan melalui internet. Internet merupakan infrastruktur utama dalam E-commerce. Banyak sekali hal-hal yang bisa di perdagangkan atau di perjual belikan melalui ineternet. Saat ini perdagangan itu dilakukan dengan situs jejaring sosial yang bernama Facebook. Hari gini, gak tau facebook, ketinggalan banget tu orang..hehehhe.
Meski ada kemudahan dalam membangun suatu bisnis toko online, tapi proses akhir dari bisnis tersebut jauh lebih kompleks dan tidak boleh di abaikan. Salah satu contohnya seperti pembayaran, pengiriman, dan lain-lain. Sekarang ini sudah cukup banyak bahkan banyak sekali toko online ada di ineternet mulai dari yang dikelola oleh pribadi maupun perusahaan besar. Akan tetapi, segala eksistensi toko tersebut tergantung dari pengelolanya. Biasanya barang yang dijual melalui toko online iu seperti pakaian, aksesories, komputer, dan sebagainya. Untuk memulai bisnis ini, modal awal yang di gunakan terhitung tidak besar. Menurut yang saya baca dan tanya-tanya, modal membangun bisnis ini sekitar 15 juta rupiah-100 juta rupiah. Modal itu digunakan untuk menyediakan stock barang, biaya produksi, karyawan yang mengantar barang, dan sebagainya.

Untuk melakukan bisnis ini, kita jangan mudah menyerah karena orang-orang tidak langsung begitu saja percaya terhadap produk yang kita jual. Kita harus meyakinkan mereka bahwa produk kita itu mempunyai kualitas yang baik, walaupun kita memasarkannya hanya melalui situs kita ataupun blog. Selain itu, pembukaan situs web harus di imbangin dengan penataan tampilan dari web tersebut dan kita harus terus memperbaharui produk dan tampilan yang kita miliki. Hal lain yang perlu diperhatikan bagi kalian yang mau bisnis online yaitu melakukan Search Engine Optimization sehingga toko online kita akan selalu muncul di halaman awal ketika orang menggunakan fasilitas mesin pencarian di internet. Hal dasar yang utama pada saat berbelanja online yaitu kepercayaan. Ketika toko kita telah dipercaya oleh orang lain bahwa barang yang ditawarkan kita berkualitas kemudian kualitas barang itu kita jaga sampai tiba di tangan konsumen maka bisnis kita akan berjalan terus. Maksud dari kepercayaan disini adalah bagaimana sistem cara pembayaran yang jelas, serta proses monitoring secara keseluruhan atas barang-barang yang di jual.

Hmm...oke sekarang bagian penutup.hehehe.
Bisnis online itu sebenarnya mempunyai peluang akhir yang sangat bagus, akan tetapi kita harus saling menjaga kepercayaan antara penjual dan pembeli. Janganlah kita menyalahgunakan kpercayaan yang telah di berikan oleh orang lain dan jangan terlalu cepat putus asa karena bisnis yang bisa bertahan itu bisnis yang benar-benar di mulai dari 0. Akhir kalimat, semoga artikel yang saya buat ini dapat menjadikan para mahasiswa mempunyai jiwa usaha yang sangat tinggi dan bisa membantu orang tua. Maaf ya kalau ada salah-salah kata.
Terima Kasih..
^_^

referensi :
Cahyana Ahmadjayadi
http://bisniskeuangan.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

nich cari sendiri....

Template by:
Free Blog Templates