Kamis, 04 November 2010

Angan-Angan Bisnis Masa Depan

Hallo…apakah ada tugas???? Ya ampuunnn….udah ketemu lagi ni sama tugas…

Hmm..di tugas kali ini, kita di berikan kebebasan untuk berangan-angan menjadi seorang businessman di dalam bidang TI. Mulai dari nama perusahaan, karyawan, modal, serta keuntungan yang akan di dapatkan itu kita berangan-angan. Ya syukur2 kalo setelah lulus kuliah dan ada modal, kita bisa mewujudkan angan2 kita itu..hehehe. Awalnya sich bingung juga pada saat nentuin bisnis yang ada di angan2 kita.huft. Tapi ada ide yang cukup menarik, yaitu bisnis membuat CD interaktif. Berikut ini contoh proposal untuk bisnis tersebut, ya walaupun g resmi banget, tapi cukup untuk membayangkan apa yang akan terjadi di bisnis ini..

Kenapa sich saya memilih bisnis CD interaktif????Saya memilih bisnis ini karena saya melihat dari pengalaman dan tanya kanan kiri, anak jaman sekarang itu lebih suka menggunakan komputer di banding dengan alat yang lainnya. Menurut mereka, komputer itu mesin yang sangat pintar karena mereka bisa bermain dan belajar dengan menggunakan komputer. Oleh karena itulah saya memilih bisnis CD interaktif ini supaya anak2 bisa belajar tapi di selingi dengan gambar2 yang menarik sehingga minat belajar anak2 menjadi tinggi dan tidak bosan. Bisnis CD interaktif ini juga membuat anak2 belajar mandiri karena mereka bisa mengklik atau memilih menu pelajaran sesuka mereka.

Karena ini bisnis angan2 yang insya allah akan terwujud, maka profil usaha salah satu hal penting supaya tetap exist di dunia perbisnisan.hehehe. Saya akan membangun usaha / bisnis ini dengan istri saya yang selalu support dan membantu usaha ini, jadi saya memberikan nama usaha ini ”Adnanrahman”, nama yang bagus bukan???hehehe..

Tempat usaha yang menurut saya paling cocok adalah di rumah. Karena selain sbagai tempat istirahat, rumah juga menjadi tempat usaha yang nyaman karena tidak perlu jauh2 pergi dan terkena macet.hehehhe. Dan yang paling penting jika kita melakukan bisnis di rumah, bisa menghemat biaya tempat.hahaha. Kalau tidak di rumah ya saya akan mendirikan tempat usaha di dekat2 rumah saja, intinya sich tetep g jauh dari rumah.hehehe.

Di usaha ini, saya menawarkan produk yang berupa CD interaktif untuk anak2 mulai dari TK, SD kelas 1 sampai kelas 6. Karena menurut saya, anak2 di usia tersebut mereka sangat sulit untuk belajar jika tidak di pancing dengan sesuatu hal yang menarik sperti gambar2 yang lucu, teks yang animasi serta suara2 yang mendukung. Untuk sementara usaha ini terdiri dari 6 orang. Saya sebagai pimpinan sekaligus menjadi animator dari produk yang di hasilkan, istri saya sebagai manajer keuangan yang mengatur biaya pengeluaran dan pemasukan dari usaha ini, 1 orang sebagai peng-input soal2 dan materi pelajaran yang akan di berikan, 1 orang sebagai programmer dan 2 orang bergerak di bidang pemasaran dan humas.

Proses produksi dari usaha ini sebenarnya tidak terlalu rumit hanya membutuhkan ketekunan saja. Pertama-tama kami akan melakukan survei mengenai pelajaran dan materi apa saja yang akan di hadapi oleh anak2 dari TK, SD kelas 1 sampai kelas 6. Setelah itu kami melakukan rapat untuk memilih tema apa yang cocok untuk di jadikan animasi yang sesuai dengan pelajaran dan tingkatan anak2 tersebut. Di dalam rapat itu akan di hitung juga biaya yang akan di keluarkan dan berapa keuntungan yang akan kita dapatkan. Setelah rapat itu, kami membuat desain animasi lalu memasukkan materi dan pelajaran yang sesuai. Setelah proses desain selesai, maka programmer akan membuat program supaya hasilnya menjadi lebih maksimal, lalu kita burning CD dan perbanyak sesuai dengan target. Kami memasarkan produk yang telah jadi ke sekolah2, toko buku, dan counter2. Kami juga menjual di rumah ataupun bisa di pesan sesuai permintaan konsumen. Modal untuk membuat usaha ini sekitar Rp.8.000.000 itu termasuk hardware, software, serta sumber bacaan untuk membuat animasi dari materi2 yang ada. Untuk gaji karyawan per bulan itu Rp.300.000 dan berhubung usaha ini di rumah maka biaya untuk tempat tidak menjadi masalah.hahaha.

Harga untuk 1 buah keping CD interaktif ini harganya sekitar Rp.55.000-100.000. Waw, kebayang donk kita dapat keuntungan berapa dari usaha ini??? Sudah pasti sangat besar. Prospek dari usaha ini cukup menjanjikan karena di masa2 mendatang, anak2 lebih senang belajar menggunakan komputer. Promosi yang akan kami tawarkan yaitu jika membeli 2 buah CD interaktif kami, maka akan mendapatkan 1 set alat tulis dan memo.

Well, itulah angan2 proposal dari usaha yang ingin saya buat. Ya kalau ada yang salah dan tidak sesuai harap di maklumi karena saya tidak begitu paham mengenai ilmu tentang dunia bisnis. Saya sangat berharap sekali usaha itu akan berjalan, doa’kan ya semoga bisa terlaksana. Amiinnnnn..

Perencanaan bisnis ini perlu kita lakukan karena mengingat sumber daya yang akan digunakan untuk bisnis TI cukup besar dan akan bertahan dalam kurun waktu yang lama. Ingattttt,,,,kesalahan di dalam perencanaan akan mengakibatkan kerugian dan bahkan kegagalan usaha kalian di kemudian hari.

Sekian dan terima kasih.

Bila ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi.

Jika ada tugas datang, boleh kita berjumpa lagi...

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

nich cari sendiri....

Template by:
Free Blog Templates