Selasa, 09 November 2010

Insomnia

Apa sich insomnia itu????
Insomnia itu adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Wuaduh, susah juga ya kalo kita punya gejala insomnia. Saya salah satunya, huft.
Insomnia sering terjadi sebagai akibat dari:

Jet lag (terutama jika bepergian dari timur ke barat).

Bekerja pada malam hari.

Sering berubah-ubah jam kerja.

Penggunaan alkohol yang berlebihan.

Efek samping obat (kadang-kadang).

Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).

Hmm..terus bagaimana caranya untuk mengoabtinya ya??

Menurut sumber2, ada beberapa hal untuk mengobati ataupun mencegah si insomnia ini. Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur, cahaya yang redup dan tidak berisik. Jika penyebabnya adalah stres emosional, diberikan obat untuk mengurangi stres. Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi. Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu.

Y bagi kalian yang mempunyai insomnia, sbaiknya anda menjaga pola hidup anda dan mengatur kegiatan anda supaya anda bisa terhindar dari si insomnia ini, Gak enak banget sich punya insomnia, badan terasa lelah setiap hari, kepala juga kadang2 pusing dan tidak fokus pada sesuatu. Sekian dulu y artikel dai saya, mohon maaf kalo ada informasi yang tidak jelas dan tidak penting. Makasih.


sumber : wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

nich cari sendiri....

Template by:
Free Blog Templates