Rabu, 26 Januari 2011

LUPUS

Lupus itu apa sich???? Banyak yang belum tau termasuk saya..hehehe..


Jadi Lupus itu nama dari suatu penyakit. Secara umum Lupus merupakan kelainan yang bersifat kronik pada masalah imunitas tubuh. Manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk menyerang benda asing, virus, bakteri atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Tetapi, pada penderita penyakit Lupus, sistem kekebalan yang harusnya berfungsi sebagai pelindung tubuh mengalami kelainan. Tubuh tidak dapat membedakan antara benda asing yang harus dimusnahkan dengan jaringan tubuh sendiri yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup. Akibatnya, yang diserang adalah jaringan tubuh sendiri dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti pada paru-paru, darah, kulit, ginjal, otak, jantung, dan lainnya. Kerusakan pada organ tubuh vital selanjutnya menyebabkan penderita Lupus yang disebut Odapus semakin lemah dan sakit.


Gejala penyakit Lupus bisa berbeda-beda pada tiap penderitanya. Itu sebabnya seseorang yang menderita penyakit ini sulit mendeteksi penyakit tersebut. Bahkan, gejalanya dapat menyerupai gejala penyakit lain. Hal ini disebabkan karena organ tubuh yang diserang bisa berbeda pada tiap penderitanya. Misalnya, bila yang diserang adalah darah, maka gejalanya mirip dengan orang yang menderita anemia. Bila yang diserang mulut, maka penderita dapat mengalami sariawan yang berkepanjangan yang dapat dianggap sebagai gejala kekurangan vitamin C.
Beberapa gejala yang umum pada penyakit ini adalah munculnya bercak merah pada hidung dan kedua pipi membentuk seperti kupu-kupu yang disebut butterfly rash. Bercak dapat pula terjadi pada tubuh. Dalam tahap lanjut, penyakit ini dapat menyebabkan kerontokan rambut, rasa lelah yang berlebihan, kerusakan pada organ tubuh. Penderita Lupus mengalami gejala seperti pada orang yang menderita kanker. Maka, cara mengetahui apakah seseorang tersebut menderita Lupus atau tidak yaitu dengan melakukan tes antinuclear antibodies (ANA). Jika hasil tes positif maka kemungkinan besar orang tersebut mengidap penyakit Lupus.


Setelah melihat dari penjelasan di atas, terdapat pertanyaan, penyakit Lupus itu menular tidak sich??

Lupus bukanlah penyakit menular dan sebagian besar penderitanya adalah wanita pada usia produktif sehingga sering dianggap penyakit wanita. Faktor keturunan bukan sebagai penyebab langsung penyakit ini. Walau mungkin, dari orang tua diperoleh gen yang abnormal yang berpotensi untuk penyakit ini, tetapi ada faktor lain sehingga penyakit ini dapat terjadi. Dugaan para ahli tentang penyebab penyakit ini adalah karena faktor hormon, tetapi belum diketahui hormon mana penyebabnya.


Untuk mencegah penyakit Lupus, perbanyaklah makanan yang sehat dan gaya hidup sehat. Karena kesehatan adalah kekayaan yang sangat berarti bagi kita semua.

Read More..

Kamis, 20 Januari 2011

Bakteri Legionella

Banyak sekali ya penyakit yang di sebabkan oleh bakteri di dunia ini, salah satunya adalah bakteri Legionella. Bakteri Legionella adalah penyebab penyakit dan kematian yang terjadi di Konvensi Legiun Amerika Pennsylvania di Hotel Bellvue-Stratford di Philadelphia pada musim panas 1976. Penyakit legionella adalah penyakit infeksi yang disebabkan bakteri Legionella sp. Bakteri ini menyerang saluran pernapasan di paru-paru.

Saat itu, ada sejumlah pasukan legiun asing yang menginap di hotel di Philadelphia. Mereka terserang penyakit mirip gejala demam, pilek, dan influenza. Tak disangka, penyakit itu kemudian berkembang menjadi gangguan pernapasan akut sehingga menyebabkan kematian. Akhirnya 221 prajurit sakit dan 34 meninggal dunia.

Penyebabnya, bakteri legionella pneumophilia bisa menyebar melalui udara hingga radius 300 meter. Bakteri ini menginfeksi paru-paru dan menimbulkan gejala seperti pneumonia. Bila penderitanya tak segera ditangani, akibatnya bisa fatal bahkan bisa berujung kematian. Di Amerika Serikat saja, penyakit ini menjangkiti 8.000 hingga 18,000 orang setiap tahunnya.

Bakteri ini juga tergolong tumbuh sangat baik pada lingkungan. Suhu paling ideal bagi bakteri ini untuk tumbuh dan berkembang biak yakni kondisi yang ideal yaitu 35 to 46 derajat celsius atau 95 hingga 115 derajat Fahrenheit.

Tempat yang paling rentan mendapatkan serangan bakteri ini yakni bangunan yang menggunakan sistem sirkulasi air pendingin dan air pemanas. Pada umumnya di gedung-gedung perkantoran dan hotel. Itulah sebabnya jenis penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri ini disebut juga dengan sick building syndrome.

Penyakit ini sebenarnya sulit menginfeksi orang yang sehat. Adapun timbulnya gejala-gejala berbahaya hanya dialami mereka yang memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah seperti mereka yang lanjut usia.
Read More..

Selasa, 18 Januari 2011

Ku Menunggu

Ku menunggu..
Ku menunggu kau putus dengan kekasihmu
Tak akan ku ganggu kau dengan kekasihmu
Ku ‘kan selalu disini untuk menunggumu

Cinta itu
Ku berharap kau kelak ‘kan cintai aku
Saat kau telah tak bersama kekasihmu
Ku lakukan semua agar kau cintaiku


Haruskah ku bilang cinta
Hati senang namun bimbang
Ada cemburu juga rindu
Ku tetap menunggu


Haruskah ku bilang cinta
Hati senang namun bimbang
Dan kau sudah ada yang punya
Ku tetap menunggu

Datang padaku
Ku tahu kelak kau ‘kan datang kepadaku
Saat kau sadar betapa ku cintaimu
Ku ‘kan selalu setia ‘tuk menunggumu

Ku tetap menunggu
Ku tetap menunggu

-Rossa-

Read More..

Aku Yang Akan Pergi

perih hati menjalani
sedih yang tak pernah berhenti
letih terus kau sakiti
perasaan ini kau bodohi

dimana dirimu yang mencintai
aku sepenuh hati

aku yang akan pergi
bila kau enggan memilih
cintaku ini bukan seperti
tempat persinggahanmu

letih terus kau sakiti
perasaan ini kau bodohi

-Supernova-
Read More..

Not With Me

I'm walking up from my summers dreams again
try to thinking if you're alright
then I'm shattered by the shadows of your eyes
knowing you're still here by my side

I can see you if you're not with me
I can say to my self if you're OKAY
I can feel you if you're not with me
I can reach you my self, yuo show me the way

life was never be so easy as it seems
'till you come and bring your love inside
no matter space and distance make it look so far
still I know you're still here by my side

you've made me so alive ,you give the best for me..love and fantasy
and i never feel so lonely, coz you're always here with me..
always here with me

I'm walking up from my summers dreams again
try to thinking if you're alright
then I'm shattered by the shadows of your eyes
knowing you're still here by my side

-Bondan Prakoso & Fade 2 Black-
Read More..

Jumat, 14 Januari 2011

Rincian Biaya Usahaku

Dalam tugas kali ini, saya akan merancang biaya dari bisnis impian saya yaitu membuat CD interaktif dimana CD ini akan dipasarkan ke sekolah dari sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas.

Untuk modal pembuatan CD interaktif ini, saya akan menyerahkan modal sebesar Rp.50.000.000,-. modal ini akan digunakan untuk membeli software untuk pembuatan animasi, pembelian CD-RW, tempat CD.
Untuk tempat, saya akan menggunakan rumah sebagai kantor karena untuk meminimalisir biaya yang ada dan untuk mempermudah mengontrol pekerjaan. gaji yang akan diterima oleh karyawan adalah sebesar OMR. hehheheheh

Untuk pemasaran 1 CD interaktif akan saya kenakan tarif sebesar Rp.100.000,- untuk 2 mata pelajaran, jika pihak dari client membeli lebih dari 500 buah CD interaktif maka akan saya kenakan tarif sebesar Rp.55.000,- untuk 2 mata pelajaran.Pihak client berhak memilih mata pelajaran apa yang ingin dibuatkan sarana pembelajaran interaktif sehingga tidak akan menyulitkan anak-anak dalam belajar.

Dengan adanya CD interaktif ini, saya berharap anak-anak akan semakin giat belajar dan mengenal teknologi dalam arti yang baik, tidak menyalahgunakan teknologi sehingga mereka dapat menyerap ilmu pengetahuan dan wawasan sesuai dengan usia mereka.

Terima kasih
Read More..

Senin, 10 Januari 2011

Poster


Postingan kali ini berisi tentang library universitas Gunadarma. Di dalam library ini tersedia berbagai macam buku utnuk memenuhi kebutuhan bagi mahasiswa, dosen, dan umum.
Poster ini mempunyai slogan 3M yaitu Membaca, Memahami dan Menerapkan.

Created by :
Aditia Rahman 50407030
Nanda Pramitha Kusumawati 50407610

Kelas 4 IA 07

Read More..

Jumat, 07 Januari 2011

Buncis


Banyak banget sayuran yang ada di negeri kita ini salah satunya adalah buncis. Walaupun buncis bukan berasal asli dari Indonesia, tapi masyrakat kita banyak yang memakan buncis. Buncis memang terlihat sepele dan harganya murah serta mudah didapat. Buncis Paling sering jadi pelengkap lalapan atau dijadikan tumisan atau orak-arik. Padahal si kecil hijau yang langsing ini kecuali renyah, manis juga bagus untuk berdiet.

Buncis atau bahasa Belanda-nya itu, boontjes, Phaseolus vulgaris merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin yang membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan. Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.

Dengan memakan buncis, banyak sekali manfaat yang kita dapat, di antaranya :
  • mampu melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi
  • menstimulasi sistem kekebalan tubuh secara alami
  • menetralkan gula darah
  • mengobati tukak lambung
  • mencegah kanker usus besar
  • mampu memperkecil resiko terkena kanker ganas
Untuk memilih buncis ternyata menjadi suatu hal yang penting karena buncis yang baik itulah yang bisa bermanfaat bagi tubuh kita secara maksimal. Untuk memilih buncis, ada trik yang perlu diperhatikan yaitu pilihlah buncis yang masih muda dan buncis sebaiknya masih terlihat segar / tidak layu.

Untuk menu masakan, tidak perlu kuatir. Buncis dapat di masak dengan cara apapun dan di hidangkan sesuai selera kita agara nafsu makan kita bertambah. Salah satu contohnya buncis dapat di masak dengan cara di campur dengan makanan lain.

Jadi, mari kita makan buncis suapaya kandungan gizi di dalam tubuh kita semakin bertambah. Jangan kita mengkonsumsi daiging secara terus menerus.


Read More..

Deteksi Tepi Dalam Militer

Hai hai, ini postingan pertamax di tahun yang baru ini. Semoga bermanfaat bagi kalian semua ya..

Pengolahan citra adalah suatu kegiatan untuk memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin, dalam hal ini adalah komputer. Pengolahan citra mempunyai aplikasi yang sangat luas dalam berbagai bidang. Salah satunya yaitu aplikasi dalam bidang militer. Dunia militer saat ini sudah banyak mengalami kemajuan dalam bidang pertahanan dan keamanan. Saat ini telah banyak sekali diciptakan alat-alat maupun senjata untuk mengamankan negaranya dari teroris maupun invasi dari negara lain. Salah satu contoh penerapan pengolahan di bidang militer yaitu, dalam mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar. Hal ini dilakukan supaya prajurit dapat mengetahui peasawat musuh di luar jarak pandangan mereka.

Untuk dapat melihat pesawat atau obyek di udara, sebuah radar memancarkan gelombang elektromagnetik dari sistem transmiternya. Setelah gelombang tersebut mengenai obyek di udara, gelombang itu lalu dipantulkan kembali oleh obyek untuk diterima receiver radar. Seluruh data tentang perbedaan waktu antara pengiriman dan diterimanya kembali gelombang pantulan diperhitungkan dengan arah horizontal dan vertikal antena, dikalkulasi oleh prosesing radar sehingga obyek yang tertangkap tersebut dapat ditentukan jarak dan arah (bearing) serta kecepatan dan ketinggiannya dari radar. Kemampuan yang dimiliki radar pertahanan udara modern ini disebut radar 3D (tiga dimensi: jarak, arah, dan ketinggian). Di beberapa negara, dengan prosesing tambahan, beberapa tipe radar dapat menentukan jenis dan macam pesawat yang tertangkap radar tersebut. Biasanya, setiap radar militer dan sipil juga dilengkapi dengan interogator IFF (identification friends or foe) yang sering disebut sebagai radar sekunder. Interogator ini mengirim sinyal pertanyaan yang disebut sebagai mode 1, mode 2 (khusus pesawat militer), mode 3/A (identifikasi untuk semua pesawat), dan mode C (pertanyaan tentang ketinggian terbang). Mungkin negara kita perlu juga mengadopsi teknologi ini untuk menambah kekuatan pengawasan ruang udara dan kekuatan deterrent kita. Di sisi lain, selain secara teknologi kita mampu, juga karena sifatnya yang pasif sehingga biaya pembuatan, operasi, dan perawatan pasti jauh lebih murah dibandingkan dengan hanya mengandalkan radar aktif.

Radar adalah singkatan dari Radio Direction And (Radio) Raging. Sesuai dengan namanya radar digunakan untuk mendeteksi posisi pesawat yang dinyatakan dengan arah atau azimuth yang mengacu pada arah Utara dan pada jarak (range) tertentu dari antena. Radar bekerja dengan menggunakan gelombang radio yang dipantukan dari permukaan objek. Radar menghasilkan sinyal energi elektromagnetik yang difokuskan oleh antenna dan ditransmisikan ke atmosfer. Benda yang berada dalam alur sinyal elektromagnetik ini yang disebut objek, menyebarkan energi elektromagnetik tersebut. Sebagian dari energi elektromagnetik tersebut disebarkan kembali ke arah radar. Antena penerima yang biasanya juga antenna pemancar menangkap sebaran balik tersebut dan memasukkannya ke alat yang disebut receiver.

Ketika kita menggunakan radar, kita pasti ingin mencapai salah satu dari tiga hal dibawah ini

  • Mendeteksi kehadiran sebuah objek dari jarak jauh. Umumnya objek tersebut bergerak, seperti pesawat terbang. Tapi radar juga bisa digunakan mendeteksi objek-objek yang terkubur di dalam tanah. Dalam beberapa kasus, radar bisa mengenali tipe pesawat yang dideteksinya.
  • Mendeteksi kecepatan sebuah objek
  • Memetakan sesuatu, misalnya orbit satelit dan pesawat ruang angkasa

Citra merupakan suatu fungsi dari intensitas cahaya dalam bidang dua dimensi yang dinotasikan dengan f(x,y), dimana nilai x dan y menyatakan koordinat citra dan nilai f pada koordinat (x,y) menyatakan kecerahan atau informasi warna citra. Secara matematis persamaan untuk fungsi intensitas f(x,y) adalah :

0 < f(x,y) < ∞

Pada hakekatnya citra yang dilihat oleh mata kita terdiri dari berkas-berkas cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda di sekitar kita. Jadi fungsi intensitas f(x,y) merupakan fungsi sumber cahaya i(x,y) yang menerangi objek serta jumlah cahaya yang dipantulkan oleh objek r(x,y). Dengan demikian fungsi f(x,y) dapat dinyatakan dengan persamaan:

f(x,y) = i(x,y). r(x,y)

dengan :

0 < i(x,y) < ∞ ( iluminasi sumber cahaya )

0 < r(x,y) <>

Semakin terang sumber cahaya, maka nilai iluminasi sumber semakin besar, dan semakin terang warna suatu objek maka koefisien pantul objek tersebut semakin besar.

Deteksi Tepi (Edge Detection) adalah suatu proses yang menghasilkan tepi-tepi dari objek-objek gambar. Suatu titik (x,y) dikatakan suatu tepi (edge) dari suatu citra bila titik tersebut mempunyai perbedaan yang tinggi dengan tetangga. Faktor kunci dalam mengekstraksi ciri adalah kemampuan mendeteksi keberadaan tepi (edge) dari objek di dalam citra. Pendeteksian tepi merupakan langkah pertama untuk melingkupi informasi di dalam citra. Tepi mencirikan batas-batas objek dan karena itu tepi berguna untuk proses segmentasi dan identifikasi di dalam citra. Tujuan pendeteksian tepi adalah untuk meningkatkan penampakan garis batas suatu daerah atau objek di dalam citra. Untuk mendeteksi tepi-tepi pada citra ini, kita dapat menggunakan metode Roberts, Prewitt, Sobel, Canny, Laplacian of a Gaussian, dan sebagainya.

Read More..

Followers

nich cari sendiri....

Template by:
Free Blog Templates