Jumat, 07 Januari 2011

Buncis


Banyak banget sayuran yang ada di negeri kita ini salah satunya adalah buncis. Walaupun buncis bukan berasal asli dari Indonesia, tapi masyrakat kita banyak yang memakan buncis. Buncis memang terlihat sepele dan harganya murah serta mudah didapat. Buncis Paling sering jadi pelengkap lalapan atau dijadikan tumisan atau orak-arik. Padahal si kecil hijau yang langsing ini kecuali renyah, manis juga bagus untuk berdiet.

Buncis atau bahasa Belanda-nya itu, boontjes, Phaseolus vulgaris merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin yang membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan. Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.

Dengan memakan buncis, banyak sekali manfaat yang kita dapat, di antaranya :
  • mampu melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi
  • menstimulasi sistem kekebalan tubuh secara alami
  • menetralkan gula darah
  • mengobati tukak lambung
  • mencegah kanker usus besar
  • mampu memperkecil resiko terkena kanker ganas
Untuk memilih buncis ternyata menjadi suatu hal yang penting karena buncis yang baik itulah yang bisa bermanfaat bagi tubuh kita secara maksimal. Untuk memilih buncis, ada trik yang perlu diperhatikan yaitu pilihlah buncis yang masih muda dan buncis sebaiknya masih terlihat segar / tidak layu.

Untuk menu masakan, tidak perlu kuatir. Buncis dapat di masak dengan cara apapun dan di hidangkan sesuai selera kita agara nafsu makan kita bertambah. Salah satu contohnya buncis dapat di masak dengan cara di campur dengan makanan lain.

Jadi, mari kita makan buncis suapaya kandungan gizi di dalam tubuh kita semakin bertambah. Jangan kita mengkonsumsi daiging secara terus menerus.


0 komentar:

Posting Komentar

Followers

nich cari sendiri....

Template by:
Free Blog Templates