Senin, 08 Maret 2010

Prinsip Desain User Interface

Desain User Interface merupakan suatu desain yang merancang interface yang efektif untuk sistem perangkat
lunak. Efektif artinya siap digunakan, dan hasilnya sesuai dengan kebutuhan.

Prinsip-prinsip yang digunakan dalam desain UI terbagti dalam beberapa kategori :
Learnability, berarti dukungan untuk pembelajaran bagi pengguna dari semua tingkat supaya mendapat hasil yang baik.
Fleksibilitas, yaitu dukungan beberapa cara untuk melakukan tugas-tugas.
Kekasaran, yaitu dukungan untuk pemulihan jika ada kesalahan-kesalahan.

Desain UI selalu berpikir tentang pengecualian, dan kesesuaian antara masing-masing kebutuhan.

Prinsip LearnabilityDi dalam prinsip learnbility, kemudahan bagi pengguna baru yaitu dapat memulai interaksi efektif dan mencapai kinerja maksimal. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan prinsip ini :

Prediktabilitas, merupakan pendapat saya berpikir bahwa tindakan ini akan dilakukan oleh operasi visibilitas serta dapat melihat tindakan yang sia-sia seperti menu perintah vs shell item menu berwarna abu-abu.

Synthesizability, merupakan suatu dukungan untuk pengguna dalam menilai dampak operasi pada masa lalu sistem dengan yang sekarang. Contohnya seperti memindahkan file di UNIX shell vs Mac / Windows. Ada pertanyaan yang sulit d jawab yaitu apakah umpan sama diperlukan untuk semua pengguna dan semua aplikasi?

Keakraban, apakah tugas UI mendayagunakan dunia nyata atau domain pengetahuan? Jawaban yang benar-benar relevan dengan kesan pertama di dalam ilmu pengetahuan.Contohnya seperti penggunaan metafora dan perangkap tersembunyi. Apakah ada batasan pada keakraban?


Generalisasi, merupakan pengetahuan umum yang didapat melalui pengetahuan dari satu sistem / apakah UI diperluas serupa dengan hal lain? Contohnya seperti pengoperasian cut dan paste pada aplikasi yang berbeda. Apakah pengetahuan tentang salah satu aspek dari UI berlaku untuk sementara dari UI?

Bantuan, di gunakan sebagai pedoman bagi UI Developers untuk menghasilkan hal yang maksimal.


Konsistensi, merupakan kemiripan perilaku antara tugas-tugas serupa / operasi / situasi dalam hal-hal yang berbeda seperti berinteraksi, mendapatkan output serta mengatur tata letak layar. Apakah ini selalu diharapkan bagi semua system dan semua user?

Prinsip FleksibilitasBanyak cara bahwa system dengan pengguna dapat saling bertukar informasi, berikut ini beberapa contohnya :
Dialog Initiative, merupakan dialog yang tidak menghambat pengguna dengan menempatkan batasan tentang bagaimana dialog akan dilakukan. Ada beberapa teknik dalam dialog initiative :
Pengguna pre-emptive, merupakan pengguna yang memprakarsai tindakan. Biasanya lebih fleksibel serta umumnya lebih diinginkan.
Sistem pre-emptive, merupakan system yang melakukan semua petunjuknya, pengguna akan merespon kadang-kadang jika diperlukan.

Multithreading, merupakan teknik yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu dua jenis seperti Concurrent (Input ke beberapa tugas secara simultan) dan Interleaved (banyak tugas, tapi masukan ke satu per satu).


Tugas migratability, yaitu kemampuan untuk memindahkan tugas kinerja untuk entitas (user atau sistem) yang dapat melakukannya dengan lebih baik. Contohnya seperti spell-checking (kontrol keamanan di pabrik). Untuk jenis tugas apa yang harus pengguna memegang kendali?

Substitutivity, adalah fleksibilitas yang ada dalam rincian operasi. Contohnya seperti
Memungkinkan pengguna untuk memilih metode interaksi yang cocok digunakan.
Biarkan cara yang berbeda untuk melakukan suatu tindakan, tentukan data, serta konfigurasi.
Biarkan berbagai cara untuk menyajikan output sesuai tugas & pengguna.


Customizability merupakan kemampuan user untuk merubah interface :
Melalui user - kemampuan beradaptasi. Apakah ini merupakan suatu hal yang baik?

Oleh sistem – adaptivity. Apakah ini hal yang baik?


Ketahanan PrinsipPrinsip ini mendukung pengguna dalam menentukan keberhasilan dan tujuan penilaian. Penilaian tersebut trebagi menjadi
Observability, yaitu pengguna dapat menentukan keadaan internal sistem dari apa yang merasakan? Contohnya seperti browsability - Jelajahi saat ini (tanpa mengubahnya), Reachability - menavigasi melalui bagian-bagian yang diamati, kegigihan - berapa lama bagian-bagian yang diamati tersebut dapat bertahan?

Recoverability, adalah kemampuan untuk mengambil tindakan korektif atas mengakui suatu kesalahan. Contohnya seperti kesulitan prosedur pemulihan harus berhubungan dengan kesulitan tugas asli, pemulihan maju yaitu kemampuan untuk memperbaiki ketika kita tidak dapat membatalkan suatu perintah, dan backward pemulihan yaitu undo sebelumnya error (s).

Responsif, merupakan persepsi pengguna laju komunikasi dengan sistem
response time (waktu untuk sistem untuk menanggapi dalam beberapa cara untuk pengguna tindakan (s)), persepsi pengguna tidak selalu benar, konsistensi penting, dan Respon OK jika pengguna sesuai harapan

Task conformance, merupakan sistem yang tidak mendukung semua tugas-tugas pengguna ingin tampil di cara-cara yang diharapkan?
Task conformance terdiri dari :
Tugas kelengkapan.
Apakah sistem dapat melakukan semua tugas-tugas yang menarik?
Tugas kecukupan.
Apakah pengguna dapat mengerti bagaimana melakukan tugas?
Apakah itu memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan tugas-tugas baru?
Read More..

Kamis, 04 Maret 2010

Android "Serbu" Indonesia pada Awal Maret

Awal bulan Maret 2010 bakal menjadi momentum baru kehadiran Android di Indonesia. Android yang dimaksud bukan makhluk setengah robot setengah manusia, melainkan platform smartphone berbasis open source yang diperkenalkan Google. Bersamaan dengan pameran Mega Bazaar di Jakarta Convention Center, 3-7 Maret 2010, setidaknya akan ada enam handset berbasis Android yang sekaligus diluncurkan di Indonesia.

Handset tersebut masing-masing Sony Ericsson X10, Huawei U8230, LG GW620, HTC Hero, Motorola Milestone, dan Samsung Galaxy Spica. Keenam handset dari enam vendor kelas dunia itu akan dirilis oleh Indosat sebagai partner. Indosat juga melengkapi layanan khusus bagi pengguna Android berupa aplikasi-aplikasi berbasis Android melalui Android Aplication Store.

"Indosat memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan layanan berbasis Android di Indonesia," kata Guntur S Siboro, Chief Marketing Officer Indosat, dalam siaran persnya. Ia mengatakan, Indosat ke depan juga telah menyiapkan layanan khusus Android dan program kerja sama dengan para pengembang lokal untuk mengembangkan aplikasi.

Android sendiri merupakan sistem operasi bergerak (mobile) yang menggunakan versi modifikasi dari kernel Linux. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai perangkat lunak berbasis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga programmer bisa membuat aplikasi baru di dalamnya.

Selain itu, Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi, seperti push email GMail, Google Maps, dan Google Calendar. Pada awalnya, Android dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan yang kemudian dibeli oleh Google dan akhir-akhir ini dikembangkan oleh Open Handset Alliance.

Adapun Android Application Store adalah "toko virtual" yang menyediakan ribuan aplikasi, baik gratis maupun berbayar. Indosat menghadirkan Android Application Store sebagai bentuk keseriusan dalam memberikan layanan yang terintegrasi di satu tempat yang dapat menampung kebutuhan pelanggan terkait aplikasi dan layanan Android dari Indosat.

Semua paket layanan tersebut akan dihadirkan di Indosat Android Expo pada Pameran Mega Bazaar di JCC 3-7 Maret 2010. Diskon khusus tersedia untuk pemesanan awal (pre-order) sudah bisa dilakukan pada 22-28 Februari 2010 di www.indosat.com/android.

sumber dari
KOMPAS.com
Read More..

Today is not lucky day for me

Hari ini merupakan hari yang tidak beruntung bagiku. Hal itu terjadi pada saat akan menjalani praktikum perdana d salah satu lab d kampusku. Pada saat praktikum jam 08.30, kami masuk untuk menjalani praktikum perdana. Tapi, pada saat mengerjakan test awal, sebelum soal habis,waktu telah habis dengan tiba2. Otomais saya melapor kepada petugas yang berjaga. Saya d suruh menunggu untuk d perbaiki jaringannya. Tapi setelah lama menunggu, dya bilang lanjtuin aja test yang lain. Aku pun menegrjakan test yang lainnya. Pada saat mengerjakan test yang kedua, database erorr. Aku telah mengerjakan 4 soal, tapi d soal berikutnya malah kembali ke soal awal nomor 1. Sungguh bt hatiku. Ok lah aku kerjakan lagi test tersebut. Sedang asyik mengerjakan test tersebut, petugas bilang untuk praktikum mata kuliah itu, aku tidak bisa mengikuti karena database yang digunakan sedang erorr. Dan akhirnya praktikum itu di pndah jadwal menjadi hari jumat jam 08.30...

Praktikum mata kuliah pertama telah usai. Kemudian aku istirahat, makan bersama kekasihku, teman-temanku di kosan. Waktu untuk praktikum mata kluiah kedau akan segera tiba, kami pun berjalan menuju lab. Di praktikum yang kedua, i wasn't lucky again.huftt....
Terminal yang aku tempati pun kembali erorr karena ad praktikan sebelum aku tidak me-log-off PC itu. Aku melapor kepada petugas dan aku pun di pindahkan terminal. Setelah itu,saking stresNy karena kerusakan PC, aku tidak konsen mengerjakan test-test yang ada pada praktikum it dan haslilnya nilaiku pun hancur...
ohh..my heart today is sad

Read More..

Selasa, 02 Maret 2010

Paripurna DPR Ricuh

Rapat paripurna DPR pengambilan keputusan akhir Pansus Century berujung dengan kekacauan. Anggota DPR saling dorong dan saling interupsi. Kepemimpinan Ketua DPR Marzuki Alie dinilai tidak becus. "Ketua tidak becus!" teriak Anton Sihombing, anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) lewat pengeras suara di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/3/2010). Sebelumnya, usai Marzuki menutup secara sepihak rapat paripurna, Anton dan puluhan anggota kontan menyerbu podium pimpinan. Mereka memprotes tindakan sepihak Marzuki. Teriakan-teriakan protes tidak dihiraukan, dan Marzuki malah dievakuasi oleh Pamdal DPR.

Sejumlah anggota yang tidak puas paripurna hanya membacakan kesimpulan dan rekomendasi, serta ditutup mendadak mengajukan protes. Protes disampaikan tidak hanya dari kursi anggota. Tidak puas aksi protesnya tak digubris pimpinan dewan yang dikomandoi Marzuki Alie, mereka merangsek ke depan. Di antara yang menuju ke depan pimpinan dewan adalah Max Sopacua dari Demokrat, Melkianus Mekeng dari Golkar dan Akbar Faizal dari Hanura. Kericuhan ini membuat Ketua DPR Marzuki Alie dievakuasi. Sedangkan yang bertahan di kursi pimpinan dewan adalah Priyo Budi Santoso, Pramono Anung dan Anis Matta.

Kericuhan belum juga reda sampai muncul keputusan wakil ketua DPR yang memutuskan untuk mengadakan rapat pimpinan mendadak terkait situasi ricuh ini. "Kita mengambil keputusan untuk rapat mendadak," tutur Priyo. Suara-suara salawat berkumandang saat kericuhan di paripurna. Imbauan salat jamaah pun disuarakan oleh anggota FPKS. Pukul 13.00 WIB suasana ruang sidang sudah mulai kondusif. Demonstrasi yang kacau di luar gedung DPR pun sudah reda setelah massa dihalau oleh polisi.

sumber dari Umi Kalsum, Anggi Kusumadewi, Mohammad Adam, detik.com

Read More..

Promise Yourself

Promise yourself to be strong that nothing can disturb your peace mind.
To talk health,happiness and prosperity to every person you meet.
To make all your friends feel that there is something in them.
To look the sunny side of everything and make your optimism come true...
To think only teh best, to work only for the best and expect only the best, to be just as enthuastic about the success of other as you are about your own.
To forget the mistakes of the past and press on the greater achievements of the future.
To wear a cheerful countenance at all times, and give every living creature you meet a smile.
To give so much time to the improvement of yourself, that you have no time to criticize others.
To be too large for worry, too noble for anger, too strong for fear and too happy to permit the presence of trouble.
Read More..

Indonesia Melangkah

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Australia dalam lanjutan Pra Piala Asia (PPA) 2011 Grup B, Rabu 3 Maret 2010. Di atas kertas, kualitas Indonesia jauh berada di bawah Socceroos. Duel Indonesia vs Australia akan digelar di Stadion Suncorp, Brisbane. Duel ini sudah tidak berpengaruh bagi Indonesia yang sampai saat ini berada di urutan paling buncit klasemen sementara Grup B dengan koleksi 3 poin dari 5 laga. Sebaliknya, Australia hanya butuh hasil seri untuk bisa lolos ke putaran final yang akan digelar di Qatar 2011 mendatang. Saat ini, Socceroos berada di peringkat 2 dengan total 8 poin dari 5 laga.

Menurut data yang dilansir oleh situs resmi Federasi Sepakbola Asia (AFC), Senin 1 Maret 2010, Indonesia setidaknya sudah 14 kali bertemu dengan Australia. Dari pertemuan ini, Indonesia hanya menuai satu kali kemenangan. Australia sendiri telah menyarangkan 31 gol ke gawang Indonesia. Sebaliknya, Indonesia hanya mampu menjebol gawang Aussie sebanyak 6 kali.

Kemenangan terbesar Aussie saat bertemu Indonesia terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1973. Dalam pertandingan ini Indonesia kalah dengan skor telak 0-6. Indonesia membalasnya pada kualifikasi Piala Dunia 1981. Saat tampil sebagai tuan rumah, Tim Merah Putih menang dengan skor 1-0. Indonesia juga berhasil menahan imbang Australia tanpa gol pada leg 1 babak penyisihan Piala Asia 2011 Grup B, tahun lalu.

Head to Head Indonesia vs Australia

Pertemuan: 14 kali

Australia: 12 Kemenangan

Indonesia: 1 Kemenangan

Hasil Seri: 1

Australia: 31 gol

Indonesia: 6 gol

Cayooo Indonesia, kalahkan lawan-lawanmu.....

Bravoo...

sumber dari Edwan Ruriansyah, Marco Tampubolo

Read More..

Senin, 01 Maret 2010

Perjalanan Pulang Yang Melelahkan

Senin kmaren adalah praktikum perdana d smester ini. Baru pertama praktikum tapi udah dapet LA yang Lumayan susah n menyita waktu (padahal blom d coba c)hehehhhe....
Setelah praktikum niatnya c mw pulang lebih cepet coz nyokap bokap baru pada dateng dari jawa....
Eh tapi malah gagal rencana itu gara-gara kereta bermasalah. Jadi gw naik dari stasiun UI mw k tebet. Saat itu ujan deres banget, y gw lumayan agak lama nunggu kereta. Pas kereta dateng, gw langsung naik. Perasaan gw ud g enak saat naik kereta itu, tapi kan kita g boleh su'udzon.hehehhe...
Ternyata perasaan gw yang g enak itu beneran terjadi. Pas nyampe stasiun x bata, semua orang pada keluar dari gerbong kereta, y gw terus ikut2 aja keluar...hehehhehe
Ternyata d kereta gerbong depan, listriknya kebakar. Gemeterean juga c waktu it.hehehe...
Hmmm...d situ gw dilema antara nunggu kereta sampe bener atau naik angkot.Gw nanya sama petugas kereta yang ada d pintu keluar, ktanya c kereta masih lama bgt utk d benerin, jadi yasudah gw naik angkot lah dari x bata. Gw berpikir naik angkot lebih cepet coz ga macet karena lewat jalan kecil. Tapi pikiran gw salah, emang bener c ga mcet, tapi banjir.Jadi angkot yang gw naikin itu muter-muter 7 keliling(lebay bgt y.hahahha), tapi emang beneran muter c buat nyari jalan yang g banjir.hehehhe. Beberapa lama kemudian, tibalah gw d kampung melayu. Dari kampung melayu gw naik metromini yang warna merah (eh metromini merah atw ijo c warnanya???hehehe).

Pas gw naik metromini itu c emang sepi, gw duduk d belakang.Eh...tu metromini kgak jalan2, dy ngetem dulu wat dapetin penumpang. Beberapa hari, eh beberapa menit tu metromini jalan. Senangnya hatiku, hehehhehe...
Di pejalanan c emang lancar2 aj, tapi dikit lagi pengen nyampe, muncullah segerombolan anak sekolah yang baru pulang skolah. Dengan kata lain, penuhlah metro mini yang gw naikin itu. Mana becek,gerimis,penuh,ber-aneka aroma dah tu di dalem metro mini.huhuhuhu..
Untungnya g brapa Lama kemudian, gw turun dari metromini dan setelah turun, serasa menghirup kembali udara segar..
hahahahha...
Hmmm...sekitar jam 4an gw nyampe d rumah dech....
Pokona pjalanan pulang hari itu terasa amat melelahkan....
Read More..

Followers

nich cari sendiri....

Template by:
Free Blog Templates